Sabtu, 11 September 2010

Hiragana - た ta, ち chi, つ tsu, て te, と to

.
Mina-san.. kombanwa

Hari ini kita akan kembali belajar hiragana, yaitu huruf alfabet Jepang yang digunakan bersama-sama dengan katakana, kanji (huruf Cina), dan juga romaji (huruf alfabet Inggris yang biasa kita gunakan).

Huruf hiragana dan katakana masing-masing ada 46 buah, hanya mewakili bunyi bukan arti, dan saling berpasangan. Artinya satu huruf hiragana akan berpasangan dengan satu huruf katakana yang mewakili bunyi yang sama. Sedangkan huruf kanji jumlahnya ada ribuan dan masing-masing mewakili arti tertentu, dengan cara baca yang berbeda-beda tergantung konteks pemakaiannya.

Huruf hiragana bersama-sama dengan kanji biasanya digunakan untuk menuliskan kosakata asli bahasa Jepang sendiri, ataupun kosakata serapan dari bahasa Cina di zaman dulu yang kini telah dianggap sebagai bahasa Jepang itu sendiri.

Sedangkan huruf katakana dipakai untuk menuliskan kosakata serapan dari bahasa asing lainnya, juga untuk menuliskan nama orang asing yang tidak menggunakan kanji. Nama orang Cina dan Korea biasanya tetap ditulis dengan kanji seperti aslinya.

Huruf kanji sesuai namanya yang berarti huruf Cina, diserap oleh bahasa Jepang dari bahasa Cina jauh di masa lalu bersama-sama dengan masuknya pengaruh budaya Cina ke Jepang. Sedangkan huruf hiragana dan katakana keduanya diciptakan oleh para sastrawan Jepang sendri.. dengan berdasarkan pada huruf kanji.

Pada kesempatan ini kita akan belajar 5 huruf berikutnya dari hiragana, yaitu: た ta, ち chi, つ tsu, て te, と to.

Untuk cara menulisnya.. silakan lihat situs-situs di bawah.. kemudian coba ditirukan lalu dihapalkan.

た ta
http://www.umich.edu/~umichjlp/Hiraganapro/ta.html

ち chi
http://www.umich.edu/~umichjlp/Hiraganapro/ti.html

つ tsu
http://www.umich.edu/~umichjlp/Hiraganapro/tu.html

て te
http://www.umich.edu/~umichjlp/Hiraganapro/te.html

と to
http://www.umich.edu/~umichjlp/Hiraganapro/to.html

Kemudian, sebagai tanda untuk mengingat huruf-huruf ini.. hapalkanlah kosakata berikut yang mengandung huruf-huruf tersebut.

田 た = sawah
血 ち = darah
対 つい = pasangan
手 て = tangan
戸 と = pintu

Soredewa, mata tsugino kikaini..

.
Related Posts : chi , hiragana , ta , te , to , tsu , た , ち , つ , て , と , ひらがな , 平仮名

1 komentar :

Unknown mengatakan...

kang kosa kata'na donk dari kata kerja kata sifat sama kata benda

Posting Komentar