Rabu, 27 Januari 2010

Cara belajar Nihongo bersama Bowo-sensei

.
[Posting Facebook dan Grou.ps]

Mina-san.. ohayou gozaimasu..

Seperti kita ketahui segala sesuatu ada caranya. Terlebih untuk hal-hal yang populer, biasanya sudah terbentuk cara-cara baku yang telah dipraktekkan oleh banyak orang sebelum kita, atau yang sering disebut sebagai best practice.

Demikian juga dalam belajar bahasa Jepang ada caranya yang menjadi best practice, yang kalau kita mengikuti cara ini akan membuat belajar kita menjadi efektif dan efisien. Atau dengan kata lain kita akan lebih cepat pintar bahasa Jepangnya.. mudah-mudahan.. :)

Satu kata kunci yang menjadi rahasia sukses belajar bahasa Jepang adalah.. "kurikaesu = mengulang-ulang".. Ya.. mengulang-ulang adalah inti dari belajar bahasa Jepang, mulai dari belajar hiragana, katakana, kanji, bunpou, tango dll.

Ambil satu contoh kasus.. pelajaran berjudul "[u-biq] Watashiwa Tanaka Yuuko desu."..

Pertama-tama ada pelajaran bentuk kalimat

わたしは ~ です。Watashiwa ~ desu.
Saya adalah ~.

maka cara belajarnya adalah..

1. Pahami bentuk kalimat tersebut dan hapalkan polanya.

Baca bentuk kalimat tersebut berulang-ulang.. (tanda ~ boleh dibaca "nani-nani = apa-apa" atau "nantoka = sesuatu").. sampai kita hapal dan dapat mengulang-ulangnya serta paham maknanya tanpa membaca lagi.

Selanjutnya bentuk kalimat akan diikuti dengan banyak contoh.. yang menggunakan bentuk kalimat sama tetapi dengan kosakata yang berbeda-beda. Di sini akan banyak muncul kosakata baru yang belum kita ketahui.. maka berikutnya adalah..

2. Kumpulkan kosakata baru yang muncul di kalimat-kalimat contoh.. lalu hapalkan.

Biasanya kosakata baru sudah dikumpulkan di bagian bawah pelajaran dalam subjudul "Kosakata". Hapalkan kosakata ini dengan cara:
a. baca kosakata dalam bahasa Jepangnya.. langsung diikuti artinya dalam bahasa Indonesia.. ulangi tiga kali.
b. lakukan hal yang sama ke semua kosakata lainnya dan masing-masing diulangi tiga kali.
c. setelah sampai ke kosakata terakhir.. kembali lagi ke kosakata pertama.. ulangi a~c sebanyak tiga kali.
d. selanjutnya tutup bagian arti bahasa Indonesia dengan secarik kertas.. baca kosakata bahasa Jepang diikuti artinya tanpa membaca.
e. kalau lupa coba ingat-ingat dulu semaksimal mungkin.
f. kalau benar-benar lupa.. barulah buka kertas penutup tadi.
g. ulangi proses di atas berkali-kali sampai tidak perlu lagi membuka kertas penutup.

Untuk keperluan menghapal kosakata ini.. di Jepang banyak dijual notes kecil yang disebut "ankichou = notes penghapal".. yang bentuknya seperti terlihat di gambar ini..


(sumber: http://shop.innolife.net/shop3/list.php?ai_id=16893&ac_id=624)

Saya belum pernah mencarinya di toko buku di Jakarta, tetapi kalau anda berkesempatan ke toko buku, cobalah cari ankichou ini.

Cara menggunakannya adalah dengan menuliskan setiap kosakata yang akan dihapal di sebuah halaman, kemudian tuliskan artinya di halaman baliknya. Mula-mula ketika belum hapal.. maka saat mencoba menghapalnya kita akan terus membolak-balik setiap halaman untuk melihat artinya. Begitu terus berulang-ulang sampai akhirnya kita hapal.. dan tidak perlu lagi membalik halaman untuk melihat artinya.

Ankichou ini karena ukurannya kecil, yaitu hanya separuh lebar kartu nama, dapat kita bawa kemanapun kita pergi. Dan di sela-sela setiap kegiatan, seperti di dalam kendaraan, menunggu waktu makan siang, atau di mana saja.. kita dapat meneruskan menghapal kosakata tersebut. Dan cara ini memang benar-benar efektif untuk menghapal kosakata baru bahasa Jepang.

3. Setelah kosakata baru dihapal.. selanjutnya adalah mengulang-ulang contoh kalimat.

Baca contoh kalimat dalam bahasa Jepang.. diikuti artinya bahasa Indonesia tanpa membaca. Lakukan ini untuk semua contoh kalimat.. dan ulangi seluruh proses ini sebanyak tiga kali. Tujuannya adalah untuk membiasakan otak kita memahami makna bentuk kalimat baru ini.. dan membiasakan lidah kita mengucapkannya.. juga mempraktekkan kosakata baru yang telah kita hapal.

Demikianlah mina-san.. inilah best practice yang selama ini telah terbukti sukses menjadikan banyak orang asing pandai berbahasa Jepang. Dan cara ini jugalah yang dulu saya lakukan ketika belajar bahasa Jepang.. :)

Ingat.. kata kuncinya adalah "kurikaesu"..

gambarimashou..


.
Related Posts : ankichou , bahasa jepang , bentuk kalimat , best practice , bowo sensei , bunpou , cara belajar , efektif , efisien , kosakata , kurikaesu , menghapal , mengulang-ulang , nihongo , notes penghapal , tango

2 komentar :

Posting Komentar